Jual

Daftar Forum Online yang Dipakai untuk Personal Branding

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding. Tapi manakah yang paling efektif dan efisien? Tenang. Saya punya jawabannya. Ada 1 cara yang sampai sekarang saya anggap paling efektif. Lewat forum online, kita bisa membangun personal branding kita di internet.

Tapi ingat ini.

Saat Anda berupaya membangun personal branding di forum online, Anda harus tetap memiliki tata krama seperti saat berdiskusi di dunia nyata. Beberapa contoh bertata krama di internet yaitu:

  • Tidak menggunakan huruf kapital secara over

Apa yang Anda rasakan bila melihat kalimat seperti gambar ini?

List forum Indonesia
Etika di forum online
Jual

Baiklah itu hanyalah percakapan di Facebook. Tapi bagi saya, penggunaan huruf kapital di seluruh kalimat adalah cara marah-marah dengan huruf. Dan memang, setiap orang itu berbeda cara menanggapi tentang penggunaan huruf kapital ini.

Tapi tidak ada salahnya bukan, jika kita tau tentang hal ini dan menghindarinya ketika berkomunikasi dengan forum online? 😉

  • Tidak selalu menggunakan tanda seru (” ! “)

Selain huruf kapital, tanda seru juga memegang “pengimajinasian” nada bicara seseorang. Seperti yang kita tau, tanda seru adalah tanda baca yang digunakan untuk menegaskan bahwa sebuah kalimat adalah kalimat perintah. Dan jika kita ucapkan secara langsung, itu adalah sebuah perintah.

Contoh:

Ibu berkata kepada saya, “Dika cepat sapu halaman rumah ini sekarang!” maka di dunia nyata adalah sebuah perintah yang harus saya laksanakan (karena saya disuruh).

Apa salah kita menyuruh orang di internet? Sebenarnya tidak. Tapi jika di internet, kita sebaiknya hanya menyarankan alias jangan memaksa. Maka gaya bahasanya sebisa mungkin menyarankan.

Contoh:

Sebelum,

Anda bisa lihat di blog ini jika ingin lebih mengerti tentang forum! Saya tidak akan menjelaskannya di sini!

Kalimat itu akan berbeda makna jika tanda serunya dihapus (dan ditambahi beberapa kata).

Menjadi seperti ini,

Anda bisa lihat di blog ini jika ingin lebih mengerti lebih lanjut tentang forum karena saya tidak akan menjelaskannya di sini.

  • Tidak pakai kata-kata kasar

Entah apa bahasa mayoritas di forum, Anda jangan sampai berbicara kasar di sana. Sebisa mungkin Anda tahan kata-kata kasar itu di “tangan” Anda.

  • Berhati-hati dengan emoticon

Bagi saya penggunaan emoticon sangat berpengaruh pada personal branding. Kita harus paham betul apa sih yang akan kita nyatakan kepada orang di sana jika bertatap muka; gerakan tubuh atau wajah seperti apa yang saya tunjukkan ketika menanggapi kalimatnya.

Di dunia nyata kita bisa mempengaruhi orang dengan tatapan mata, kekerasan fisik, gerakan tubuh dan nada bicara. Tapi di dunia maya ini, kita hanya bisa menggunakan baris-baris kalimat.

Jadi, jangan sampai Anda kehilangan kesempatan memanfaatkan sebuah forum hanya karena tidak memperhatikan beberapa hal di atas. Karena forum adalah tempat paling mudah untuk membangun personal branding.

Oke. Saatnya kita cari forum di search engine untuk personal branding. Namun, bagi Anda yang tidak ingin kalang-kabut mencari forum saya memiliki daftar forum komunitas yang bisa Anda coba.

Forum Internet Terpopuler di Indonesia

  • www.bersosial.com
  • www.kaskus.co.id/forum
  • forum.detik.com
  • diskusiwebhosting.com
  • forum.kompas.com
  • www.kompasiana.com
  • forum.maxmanroe.com
  • forum.indowebster.com
  • forum.viva.co.id/forum
  • ziuma.com
  • ads.id: Forum publisher iklan Indonesia
  • bismania.com: Komunitas pecinta bis dan transportasi lain
  • forumbitcoin.co.id: Forum bitcoin
  • forumteknologi.com: Cocok buat blog teknologi
  • indonesiaindonesia.com

Daftar Forum Online Mancanegara

  • quora.com
  • reddit.com
  • eatsleepride.com: Komunitas otomotif

Itulah daftar forum yang bisa kamu pakai untuk personal branding. Tapi ternyata forum bisa dipakai untuk banyak hal.

  • Forum bisa mengenalkan kita pada orang lain dan membangun jaringan dengan mereka,
  • Forum bisa dijadikan ladang backlink,
  • Forum adalah tempat calon visitor berkumpul,
  • Forum adalah tempat promosi paling lengkap,
  • Forum bisa memberi kita informasi mengenai banyak hal,
  • Dll.

Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan sebelum bergabung dengan suatu forum. Jika audience Anda tidak di forum itu, cukup gunakan signature sebagai backlink. Tapi jika memang audience Anda dari sana, buatlah thread di forum itu dan Anda akan dapat traffic dari sana.

Semangat!

Mengingat begitu besarnya pengaruh forum pada diri Anda dan brand Anda, mau tidak mau Anda harus bergabung dengan komunitas atau forum. Jika Anda tidak menemukan forum Anda di konten saya ini, Anda bisa menggunakan kata kunci Forum + “niche” untuk mencari forum Anda.

Nah, jika Anda memiliki pandangan dan pertanyaan, Anda bisa menunjukkannya lewat kolom komentar di bawah. Tapi jika tidak mau, tolong bagikan konten saya ini ke jejaring sosial Anda. 😉

Konten Terpopuler:

Postingan Terkait

Belajar SEO gratis

Belajar SEO: Cara Optimasi Website Terbaik

FacebookTwitterTelegramWhatsApp SEO itu sulit. Harus optimasi sana-sini. Mulai dari konten, backlink, internal link, dan hal-hal teknikal lainnya. Setelah dilakukan pun, banyak konten tetap tidak masuk halaman satu….

Konsep Dasar Keyword Mapping

Keyword Mapping: Konsep Pemetaan Kata Kunci yang Sering Dilupakan

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Pernahkah Anda mendengar istilah keyword mapping? Secara sederhana, keyword mapping adalah penataan keyword-keyword di dalam sebuah website. Hal ini erat kaitannya dengan relevansi antar artikel di…

Outbound link adalah

Outbound Link: Keuntungan yang Dihindari

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Taukah Anda? Anda telah melakukan kesalahan. Anda membuat artikel terbaik tanpa memberikan link keluar. Menganggap bahwa itu adalah hasil terbaik yang berasal dari diri sendiri dan…

Cara meningkatkan traffic

Cara Meningkatkan Traffic Blog dalam 1 Minggu

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Apa yang Anda pikirkan jika mendapatkan peningkatan trafik sebesar 456,17%? Biasa saja. Apa yang Anda pikirkan jika mendapatkan peningkatan sebesar itu dengan hanya bekerja 1 minggu?…

Contoh deskripsi blog yang bagus

Cara Menentukan Deskripsi Penelusuran yang Sesuai

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Pentingnya deskripsi penelusuran, bagaimana cara membuat deskripsi penelusuran yang baik dan bisa memperbesar traffic. Itu pertanyaan yang muncul di kepala saya beberapa waktu lalu. Setelah 2…

Cara membuat artikel menarik

Cara Buat Artikel yang Baik dan Benar

FacebookTwitterTelegramWhatsApp “Cara membuat artikel SEO berkualitas.” Kalimat di atas adalah salah satu keyword yang membawa Anda datang ke artikel ini. Namun, sepertinya Anda salah tempat. Di sini…

Postingan ini memiliki 2 komentar

  1. sy mau nanya min sy punya blog.. gimana kalau blog sy memiliki byk niche apakah sy msh bs dpt pengunjung dr forum forum diatas? Sy msh pemula dlm dunia blogging dan msh blm mengerti betul dlm mempromosikan blog sy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × three =

Jual
Jual