Jual

Screenshot di Laptop Acer Begini Caranya

Cara screenshot di laptop Acer
Screenshot laptop Acer

Acer adalah sebuah merk laptop yang cukup banyak dipilih masyarakat Indonesia. Pada saat menggunakan laptop Acer, mungkin kamu mau coba untuk screenshot gambar layar di laptop dengan tujuan untuk menunjukkannya kepada orang lain.

Dengan fitur untuk screenshot ini, kamu bisa gunakan untuk menunjukkan permasalahan yang muncul saat penggunaan sebuah aplikasi dan ingin minta bantuan ke seseorang supaya mendapat solusi. Karena itu, saya akan dijelaskan beberapa cara untuk screenshot di laptop Acer.

Pakai Print Screen Button di Keyboard

Laptop Acer telah menyediakan langkah mudah untuk kamu bisa screenshot.

Jual

Untuk sistem operasi menggunakan Windows 7:

  1. Kamu bisa gunakan tombol PrtSc terletak di samping kanan tombol F12.
  2. Lalu kamu masuk aplikasi Paint. Tempelkan screenshot kamu dengan klik menu Paste atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl+V.
  3. Gambar pun muncul, kemudian bisa disimpan dengan klik menu Save untuk file baru.

Untuk sistem operasi Windows 8 dan Windows 10:

  1. Kamu perlu tekan tombol Windows + PrtSc bersama-sama.
  2. Setelah itu, screenshot akan masuk folder Screenshot pada folder “Pictures”. Proses ini mengambil gambar keseluruhan layar, kamu tidak bisa mengeditnya langsung kecuali menggunakan bantuan aplikasi lain.

Menggunakan Snipping Tool

Aplikasi Snipping Tool
Aplikasi Snipping Tool

Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot untuk laptop Acer. Aplikasi ini adalah bawaan Windows, namun kamu perlu install manual sebelum menggunakannya.

Sistem penggunaannya mudah dengan empat jenis mode screenshot yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu Full-screen Snip, Free-form Snip, Window Snip, dan Rectangular Snip. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Aplikasi Snipping Tool ini bisa ditemukan di menu Start dengan mudah.

Aplikasi Apowersoft Free Screen Capture

Screenshot laptop Acer Windows 7
Apowersoft Free Screen Capture

Software ini tersedia secara gratis dan memungkinkan kamu bisa menangkap gambar pada layar secara mudah. Software ini bisa digunakan untuk melakukan screenshot di laptop Acer menggunakan mode pada bagian khusus, aplikasi yang berjalan, atau untuk layar secara penuh.

Aplikasi ini memberi opsi anotasi beragam seperti tanda panah, teks, garis, dan lain-lain. Selain memungkinkan untuk disimpan ke laptop, screenshot tersebut bisa dibagikan secara langsung ke media sosial seperti Twitter atau Facebook.

Kombinasi Tombol Windows + Shift + S dan Paint

Bagaimana tata cara screenshot di laptop Acer dengan memanfaatkan aplikasi paint? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama bukalah tampilan pada layar yang ingin kamu screenshot.
  2. Kemudian tekan kombinasi tombol Windows + Shift + S yang ada pada keyboard Acer secara bersama-sama.
  3. Setelah kamu tekan tiga tombol yang disebut di atas, maka screenshot akan aktif dengan tanda layar menjadi gelap. Klik kemudian tahan kursor di mouse kamu, lalu arahkan ke bagian yang mau kamu screenshot. Setelah itu, lepaskan klik mouse pada saat kamu selesai memilih bagian layar.
  4. Buka aplikasi Paint. Cara menemukan aplikasi tersebut untuk penggunaan Windows 7 bisa ditemukan di bagian kolom search dan ketik “paint”. Untuk penggunaan Windows 10, sudah tersedia search bar dekat tombol start, kamu hanya perlu ketikan “Paint” dalam bar itu.
  5. Tekan kombinasi tombol Ctrl + V kemudian muncul gambar tersebut di dalam aplikasi Paint.
  6. Sesudah gambar muncul di aplikasi paint, kamu tinggal atur gambar bagian mana yang akan kamu pertahankan. Kemudian simpan gambar yang kamu ambil dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + S dan kemudian berikan nama file sebelum kamu simpan ke dalam folder.
  7. Gambar telah tersimpan di sebuah folder yang telah kamu tentukan.

Itulah berbagai macam cara screenshot laptop Acer yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Konten Terpopuler:

Postingan Terkait

Database

Entity Relationship Diagram: Pengertian & Kegunaan

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Dalam proses perancangan program komputer, kita akan bertemu proses pembuatan ERD untuk membuat database lebih efektif dan efisien. ERD adalah singkatan dari Entity Relationship Diagram. Pada…

Pengertian overload

Overload: Memahaminya dari Segala Bidang

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Istilah overload kerap kita temukan dalam beberapa percakapan di berbagai kondisi akhir-akhir ini. Istilah ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu di bidang IT maupun jasa pengiriman….

APN 3 tercepat

APN 3 Tercepat untuk Internet Hemat

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Internet saat ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa lagi dilepaskan dalam aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, internet telah menyatu dengan kehidupan. Mulai dari mencari hiburan, komunikasi dengan…

Browser VPN terbaik

Browser VPN Teraman dan Terbaru 2022

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Kita sekarang hidup dengan kemudahan akses informasi. Kamu bisa mendapatkan informasi jauh lebih cepat daripada generasi orang tuamu. Satu hal yang menjadi kekhawatiran adalah persoalan privasi…

WiFi tidak muncul di laptop

WiFi Tidak Muncul di Laptop? Ini Solusinya!

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Wi-Fi atau wireless fidelity merupakan fasilitas yang dicari oleh orang di mana saja. Pasalnya, dengan fitur Wi-Fi ini dapat membuat orang berseluncur di dunia maya tanpa…

Tampilan ikon aplikasi YouTube

YouTube Studio Aplikasi dan Penggunaannya

FacebookTwitterTelegramWhatsApp Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan YouTube. YouTube adalah platform berbagi video yang dipakai banyak orang untuk mencari rezeki. Salah satu alat yang diberikan YouTube…

Jual
Jual